Seringkali Disepelekan, Berikut Tips Agar Anak Betah Memakai Print Masker

Seringkali Disepelekan, Berikut Tips Agar Anak Betah Memakai Print Masker

Tidak dapat dipungkiri lagi, membangun kesadaran akan pentingnya menggunakan masker bagi orang dewasa memang tidak mudah. Karena itulah, kini pemerintah memberlakukan sanksi bagi siapa saja yang tak menggunakan masker. Apalagi tatkala mendidik seorang anak untuk kenakan masker. Agar si kecil betah ketika menggunakan Print Masker, yuk simak tips berikut ini.

 


Tips Agar Anak Bisa Betah Menggunakan Masker
1. Jangan Menyamakan Semua Anak
Hal pertama yang wajib anda ketahui agar si kecil bisa nyaman berlama lama menggunakan masker yakni jangan menyamakan semua anak. Perlu anda ketahui, bila setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, orang tua perlu meluangkan waktunya guna memikirkan bagaimana si kecil bisa menurut perkataannya untuk menggunakan penutup wajah.


2. Memberikan Pemahaman
Sebenarnya, orang tua tidak bisa hanya mengharapkan si kecil mengerti mengapa mereka harus menggunakan masker layaknya ayah dan ibunya sendiri. Karena terkadang mereka akan tidak paham dengan kegunaan dari print masker yang dikenakan pada wajahnya. Maka dari itu, sebagai orang taunya hendaknya anda bisa menjelaskan mengenai pentingnya menggunakan masker secara perlahan.


Bila perlu, gunakan kata kata yang mudah dimengerti mereka ketika menjelaskannya. Jika belum berhasil juga, maka selanjutnya silahkan gunakan konsep permainan ataupun tantangan bagi si kecil agar mereka mau menuruti apa yang anda katakan. Dengan konsep seperti ini, buah hati akan merasa senang dan tidak terbebani untuk menggunakan masker.


3. Melibatkan Anak Anak
Cara lain agar anak anak merasa senang dengan penutup wajah yakni dengan melibatkan mereka di setiap prosesnya. Maksudnya, anda bisa mengajak si kecil untuk memilih masker kesukaan mereka secara langsung. Dimana terkadang anak anak akan menyukai penutup wajah atau print masker dengan bentuk dan motif yang sangat menggemaskan. 


Bahkan anda pun bisa mengajak si kecil untuk membuat masker sendiri dengan bahan yang sangat sederhana. Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan dan bermanfaat guna melatih keterampilan serta kreativitas buah hati kesayangan. Anda cukup mempersiapkan beberapa bahan sederhana seperti kain, tali, benang, dan gunting.


4. Berlatih Sesering Mungkin
Usai memberikan pemahaman mengenai pentingnya menggunakan masker, maka selanjutnya berikan waktu buat mereka berlatih sesering mungkin. Anda bisa mencoba memancing si kecil untuk kenakan masker tatkala di rumah sebagai pelatihan agar mereka terbiasa. Atau anda pun bisa mencoba menarik perhatian si kecil mengenakan masker kemudian bercermin untuk melihat dirinya sendiri.


Lazimnya, cara seperti ini akan sangat menyenangkan karena si kecil bisa melihat penampilan mereka secara langsung melalui pantulan di cermin. Cara satu ini kerap kali digunakan oleh para peneliti medis, guna memberikan pemahaman bagi anak anak mengenai kegunaan masker. Bahkan ada yang menyebutkan pula cara ini sebagai permainan medis yang menyenangkan.


5. Memberikan Komunikasi Lebih Intens
Ada kalanya, si kecil yang telah diberikan nasihat ia akan mudah melupakannya. Untuk itu, hendaknya anda sesering mungkin memberikan pengulangan terhadap nasihat guna menggunakan print masker setiap saat. Tak hanya kegunaan semata, pastikan pula anda menjelaskan bagaimana bahayanya bila tidak kenakan masker ketika keluar rumah dan berada di kerumunan orang.


Selama masa pandemi Covid seperti ini, masker memang menjadi hal yang sangat penting untuk selalu dikenakan kemanapun itu. Sebetulnya tak hanya masker semata, terdapat beberapa hal lainnya yang perlu dilakukan agar tidak terpapar virus ataupun bakteri jahat yang bisa mengganggu kesehatan. Maka dari itu, si kecil pun harus diberikan pemahaman agar dirinya terlindungi dengan baik.

Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments