Yuk Simak 5 Komoditas yang Menggunakan Jasa Ekspor Barang

Yuk Simak 5 Komoditas yang Menggunakan Jasa Ekspor Barang

Tentu anda sudah tidak asing dengan istilah ekspor. Pada kegiatan ini merupakan proses transportasi sebuah komoditas atau barang dari satu negara ke negara lainnya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa komoditas yang menggunakan jasa ekspor barang untuk bersaing di kancah internasional. Lantas apa saja jenis komoditas tersebut? Yuk simak ulasannya disini. 

 Lima Komoditas yang Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri
1. Industri Tekstil
Indonesia memiliki banyak komoditas yang dikirim ke banyak negara, baik Asean, Amerika, Eropa, dan benua lainnya. Salah satu komoditas di Indonesia yang paling banyak menggunakan jasa layanan pengiriman barang ke luar negeri yaitu industri tekstil.  Pada industri ini ada beberapa negara yang merupakan pasar terbesar bagi negara Indonesia. 


Misalnya saja negara Paman Sam atau Amerika Serikat yang menjadi tujuan utama industri tekstil. Terdapat banyak pakaian yang diekspor seperti bahan rajut, kaos kaki, pakaian siap pakai dan perlengkapan lainnya. Tidak hanya di negara Amerika saja, ekspor tekstil juga dikirimkan ke negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan negara Asean lainnya.


2. Kategori Produk Makanan
Selain komoditas tekstil, ada juga produk makanan di Indonesia yang banyak memanfaatkan jasa ekspor barang ke berbagai negara. Sebagai contoh, Indonesia banyak mengirim udang frozen ke Amerika Serikat. Permintaan produk udang beku tersebut menjadi komoditas tertinggi yang diminta oleh negara tersebut karena setiap tahunnya selalu mengalami peningkatkan.


Tak hanya produk udang beku saja yang dikirimkan melalui jasa pengiriman barang ke luar negeri, tetapi ada juga produk andalan lainnya. Misalnya saja produk berbahan dasar minyak sawit. Salah satu negara yang paling banyak menerima kelapa sawit maupun olahan lainnya yaitu Tiongkok. Ada juga negara di Eropa yang menjadi sasaran empuk eksportir Indonesia, seperti Belanda.


3. Biji Kopi dan Kopi
Kopi menjadi salah satu komoditi yang paling memiliki kedudukan vital dalam perdagangan internasional. Di Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali jenis kopi dan rasa yang berkualitas dibanding negara lainnya. Hal ini membuat Indonesia sebagai produsen biji kopi maupun kopi paling besar di dunia setelah Vietnam dan Brazil. 


Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis kopi yang dikirim ke banyak negara dengan menggunakan jasa ekspor barang. Kopi yang biasanya dikirim ke negara lain yaitu kopi gayo, toraja, kintamani dan lain sebagainya. Dalam hal ini Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya alam yang melimpah dan menjadikan negara eksportir kopi terbesar di dunia. 


4. Getah Karet
Karet alam merupakan komoditas yang produksinya meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi eksportir karet paling besar di kancah internasional. Hasil produksi karet yang ada di Indonesia bahkan mampu menembus pasar dunia hingga ke negeri Paman Sam. Salah satu produk yang menjadi andalan yaitu ban luar dan dalam.


5. Produk Berbahan Kulit
Untuk kategori produk berbahan kulit, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang menjadi eksportir terbesar di dunia. Produk yang biasanya dikirim menggunakan jasa ekspor barang yaitu alas kaki dan sepatu. Biasanya produk tersebut banyak dikirim ke negara Asia, seperti Vietnam, Malaysia, dan Tiongkok. 


Dengan melimpahnya sumber daya alam yang ada di Indonesia membuat berbagai macam komoditas yang dikirim ke negara lainnya, seperti getah karet, makanan, industri tekstil, hingga produk berbahan kulit. Hal ini juga membuat banyak penyedia jasa pengiriman barang ke luar negeri yang ada di Indonesia sehingga produk dalam negeri bisa merambah pasar Internasional dengan mudah.

Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments