Cara Mengatasi Penyakit Polip Hidung Secara Medis yang Diulas Dari SehatQ.com

Cara Mengatasi Penyakit Polip Hidung Secara Medis yang Diulas Dari SehatQ.com

Ketidaknyamanan karena polip pada hidung, memaksa Anda untuk segera mengobatinya. Polip bisa diobati menggunakan cara medis dan alami. Penyakit polip hidung ini bisa disembuhkan menggunakan obat dari dokter atau dengan memanfaatkan bahan alami.

Akan tetapi, penjelasan kali ini akan memaparkan mengenai beberapa cara mengobati penyakit polip pada hidung secara medis, menggunakan obat dari dokter. Berikut ini deretan nama-nama obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit polip dan tindakan untuk menangani polip akut.

 

Menggunakan Obat Kortikosteroid Hidung
Obat pertama yang bisa digunakan untuk mengobati polip adalah Kortikosteroid hidung. Obat tersebut berbentuk seperti semprotan. Penggunaannya harus berdasarkan resep dokter. Jika Anda menggunakan obat polip tersebut, iritasi di bagian hidung akan teratasi berikut, pembengkakannya.


Obat Kortikosteroid  dapat mengecilkan polip di dalam hidung bahkan menghilangkannya tanpa sisa. Di apotek terdapat berbagai macam jenis obat Kortikosteroid hidung. Di antaranya adalah budesonide, mometasone, ciclesonide, triamcinolone, fluticasone dan beclomethasone.


Kortikosteroid hidung harus disemprotkan dengan benar agar pengobatannya dapat terproses secara maksimal. Akan tetapi, obat polip yang satu ini mengandung efek samping, seperti menimbulkan sakit kepala, mimisan dan sakit tenggorokan.


Menggunakan Obat Kortikosteroid Oral
Apabila Kortikosteroid hidung ternyata kurang efektif menangani penyakit polip yang Anda derita, silahkan coba gunakan Kortikosteroid oral. Dokter pada umumnya akan meresepkan obat yang satu ini sendiri. Namun, ada juga yang diberikan bersamaan dengan obat Kortikosteroid hidung.


Dokter biasanya tidak meresepkan obat Kortikosteroid oral berbentuk tablet tersebut untuk waktu yang lama. Pasalnya, obat polip hidung yang satu ini mempunyai efek samping.


Di antara efek sampingnya adalah, bisa menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, dokter hanya memberikannya untuk sementara waktu saja.


Menggunakan Kortikosteroid Suntik
Kortikosteroid suntik akan disarankan oleh dokter apabila penyakit polip Anda sudah lumayan besar hingga peradangan yang ditimbulkan cukup parah. Obat polip jenis suntik tersebut disertai dengan efek samping, seperti sakit pada tenggorokan, sakit kepala, bahkan mimisan di hidung.


Maka dari itu, penggunaan Kortikosteroid suntik tidak boleh sembarangan. Ini harus dilakukan oleh tenaga yang ahli dibidangnya, agar tidak mengalami salah resep dan malah memperburuk penyakit polip yang Anda derita.


Menggunakan Obat Dupilumab
Selain obat-obat yang disebutkan di atas, dokter biasanya juga akan memberikan obat dupilumab. Obat tersebut dikenal dengan nama imunomodulator yang digunakan untuk memberikan target pada sistem imun manusia.


Obat tersebut akan diberikan dokter apabila pada hidung Anda tidak hanya terdapat polip, namun juga memiliki penyakit sinus kronis. Dengan mengonsumsi obat Dupilumab, diharapkan ukuran polip bisa mengecil dan penyumbatan akan berkurang, sehingga pernapasan terasa lebih lancar.


Melakukan Tindakan Pembedahan
Cara mengatasi polip yang terakhir apabila obat-obatan di atas tidak dapat mengurangi dan menyembuhkannya adalah dengan mengoperasinya. Tindakan pembedahan yang disarankan oleh dokter tersebut dilakukan dengan tujuan membuang polip di dalam hidung.


Polipektomi atau tindakan operasi pengangkatan polip harus dilakukan oleh tenaga profesional. Biasanya, dokter yang melakukan pembedahan tersebut merupakan dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan).


Pengangkatan polip dilakukan dengan memasukkan alat seperti teropong kecil ke dalam rongga hidung. Setelah dilakukan tindakan tersebut, diharapkan penyakit polip yang Anda alami benar-benar bersih dan tidak muncul lagi.


Daftar penyakit pada saluran pernapasan memang banyak macamnya. Penyakit-penyakit pada saluran pernapasan tersebut tentunya sangat berbahaya bagi manusia, sehingga perlu penanganan cepat. Apalagi mengingat kinerja sistem ini sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia.

Share:

Newest Post

Posting Lainnya:

Disqus Comments